You are here
Home > Kesehatan

Sepuluh Tips Meningkatkan Hormon Testosterone Dalam Tubuh

Sepuluh Tips Meningkatkan Hormon Testosterone Dalam Tubuh

Hormon testosterone mempunyai peran yang sangat penting bagi seorang pria. Sebab hormon ini bertanggung jawab sebagai pembentukan otot, massa tulang, berat suara dan juga pertumbuhan rambut. Dengan bertambahnya usia, kadar testosteron ini akan mengalami penurunan sekitar satu persen setiap tahunnya.

Masalah yang dapat di timbulkan dari penurunan hormon ini bisa mengakibatkan osteoporosis dan obesitas. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami mempunyai sepuluh tips meningkatkan hormon testosterone dalam tubuh. Dan berikut ini ulasannya:

Sepuluh Tips Meningkatkan Hormon Testosterone Dalam Tubuh

  • Kurangi lemak tubuh yang berlebih – obesitas merupakan masalah yang di alami oleh banyak orang. Kelebihan lemak pada tubuh seperti inilah yang dapat mengurangi kadar testosterone anda. Anda dapat melakukan gerakan aerobik seperti jogging, lari, bersepeda, lompat tali atau berenang secara teratur, lakukan bersamaan dengan kontrol diet yang tepat.
  • Latihan kekuatan –Jenis latihan yang dapat anda lakukan seperti squats, deadlifts, bench presses, dips dan lunges untuk melatih tubuh anda merangsang hormon testosterone lebih baik. Latihan seperti ini sangat efektif untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh.
  • Menu diet seimbang – cara yang selanjutnya adalah melakukan diet seimbang dengan mempertahankan kebutuhan makro dan mikro. Cara ini juga dapat menjaga kadar testosterone pada tubuh anda.
  • Kurangi konsumsi alkohol – agar tingkat testosterone anda tetap sehat, sebaiknya anda mengurangi konsumsi alkohol. Alkohol ini dapat mempengaruhi sistem endokrin yang dapat mengganggu produksi testosterone.
  • Tidur – Waktu tidur anda harus terpenuhi selama 7-8 jam di malam hari. Cara ini merupakan salah satu sepuluh tips meningkatkan hormon testosterone dalam tubuh yang cukup penting. Sebab kurang tidur dapat menurunkan kadar testosteron pada tubuh anda.
  • Hindari stres – Ternyata stres juga dapat menurunkan kadar testosteron dalam tubuh, untuk menghindari stres anda dapat melakukan jenis-jenis relaksasi seperti meditasi, yoga dan latihan lainnya yang dapat mengurangi stress.
  • Sering melakukan hubungan seks – untuk meningkatkan testosterone anda, bisa juga dengan meningkatkan aktivitas seksual yang meningkatkan sistem endokrin untuk lebih banyak menghasilkan testosterone.
  • Konsumsi kafein – mengkonsumsi kafein ini ternyata dapat berguna juga untuk meningkatkan kadar testosterone pada tubuh.
  • Konsumsi kacang-kacangan – perbanyaklah mengkonsumsi kacang-kacangan, salah satunya adalah kacang tanah yang sudah dipercaya dapat meningkatkan hormon testosteron pada tubuh.
  • Konsumsi vitamin D – dengan asupan vitamin D yang tinggi, dapat juga meningkatkan hormon testosterone.
  • Makanan yang banyak mengandung vitamin D contohnya seperti minyak hati ikan cod, kedelai, jamur, susu, tuna, dan udang.

Demikianlah sepuluh tips meningkatkan hormon testosterone dalam tubuh, semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Top